SYARAT DAN KETENTUAN

Halaman ini berisi tentang ketentuan mengenai syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi dalam rangka penggunaan situs Web dan Layanan Kami oleh anda ("Kebijakan Privasi"). Kebijakan Privasi ini wajib anda baca secara hati-hati sebelum menggunakan Situs Web dan Layanan Kami. Apabila anda tidak menyetujui Kebijakan Privasi ini, harap untuk tidak menggunakan Situs Web dan Layanan Kami.

Kebijakan Privasi merupakan bentuk komitmen dari PT. Anantara Digital Indonesia untuk menjaga, menghargai dan melindungi setiap informasi pribadi dari pengguna Situs Web dan Layanan Kami.

  1. DEFINISI

    Untuk syarat dan ketentuan (“S&K”) serta kebijakan privasi ini, istilah yang didefinisikan dalam Pasal ini, dan dimanapun dalam S&K ini, akan memiliki arti sebagai berikut: 

    1. "Anda" dengan variasi tata bahasa dan ungkapan yang serumpun, merujuk pada Peminjam, Pemodal atau orang lain yang menggunakan Situs Web dan Layanan terlepas dari apakah orang tersebut terdaftar dalam Situs Web atau tidak;
    2. "Data Pribadi" berarti informasi atau data yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara langsung atau tidak langsung seorang individu yang merupakan orang perseorangan;
    3. Hari kerja adalah hari (selain Sabtu, Minggu, atau hari libur nasional) ketika bank komersil melaksanakan bisnis di Jakarta;
    4. Hukum adalah setiap undang-undang dan peraturan, surat keputusan atau kebijakan yang memiliki kekuatan hukum termasuk peraturan, peraturan daerah, dan perundangan bawahan lainnya, persyaratan dan pedoman dari pemerintah pusat, provinsi, wilayah, kotamadya, kabupaten, atau pemerintahan regional atau otoritas gabungan pemerintahan dan swasta, termasuk yang dari Republik Indonesia dan yuridiksi terkait lainnya, dan termasuk kementerian, departemen, komisi, biro, dewan, administratif dan atau lembaga atau badan pengatur atau instrumen lain darinya yang secara hukum disyaratkan untuk dipatuhi oleh suatu pihak, termasuk hukum dan keadilan bersama;
    5. "Ketentuan Penggunaan" mengacu pada ketentuan dan prasyarat dari penggunaan Situs Web dan Layanan Kami oleh anda;
    6. "Kami" dengan variasi tata bahasa dan ungkapan yang serumpun, merujuk pada PT. Anantara Digital Indonesia beserta kuasa yang sah dari PT. Anantara Digital Indonesia;
    7. Konten adalah semua konten pada Situs Web dan/atau Layanan Kami, secara keseluruhan atau setiap bagian, termasuk tetapi tidak terbatas pada desain, teks, gambar grafis, foto, gambar, citra, video, perangkat lunak, musik, suara dan file lain, peringkat kredit, tarif, biaya, kuotasi, data historis, grafik, statistik, artikel, informasi kontak kami, setiap informasi lain, dan pemilihan dan pengaturannya;
    8. Layanan memiliki arti yang sama sebagaimana ditetapkan dalam Ketentuan Penggunaan;
    9. Peminjam adalah individu, badan usaha kecil, atau badan usaha menengah sesuai dengan ketentuan pasal 6 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang mencari Fasilitas Pinjaman melalui website Modalantara;
    10. Pemodal adalah subyek hukum yang berbentuk badan usaha atau individu yang menempatkan dana di Rekening PT. Anantara Digital Indonesia untuk disalurkan sebagai Pinjaman kepada Peminjam melalui website PT. Anantara Digital Indonesia atas keputusan Pemodal;
    11. Perjanjian merupakan kesepakatan antara Kami, Peminjam dan Pemodal dimana Peminjam sepakat untuk meminjam dan Pemodal sepakat untuk memberikan pinjaman dan Kami berperan sebagai perantara;
    12. Perjanjian" merupakan keseluruhan dokumen yang terdiri dari:
      1. Ketentuan Penggunaan;
      2. Kebijakan Privasi;
      3. Perjanjian Pinjaman; dan
      4. Perjanjian lainnya antara Kami dengan Anda, apabila ada
    13. Petugas, yang hubungannya dengan PT. Anantara Digital Indonesia, adalah setiap direktur dan/atau pegawai dari PT. Anantara Digital Indonesia yang telah masuk dalam daftar pegawai PT. Anantara Digital Indonesia dan ditandatangani oleh direktur PT. Anantara Digital Indonesia;
    14. Pinjaman adalah sejumlah dana yang ditempatkan di Rekening PT. Anantara Digital Indonesia dan dipinjamkan oleh Pemodal kepada Peminjam melalui penggunaan website PT. Anantara Digital Indonesia;
    15. Rekening PT. Anantara Digital Indonesia adalah rekening atas nama PT. Anantara Digital Indonesia dimana Pemodal diwajibkan untuk meletakkan sejumlah dana ke rekening PT. Anantara Digital Indonesia yang akan diteruskan kepada Peminjam; dan
    16. S&K adalah Syarat dan Ketentuan ini, yang dapat direvisi, diamandemen, atau ditambah dari waktu ke waktu, yang maknanya sesuai dengan apa yang tertera dengan memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Para Pihak.
  2. UMUM
    1. Apabila terdapat perbedaan dan pertentangan antara S&K dan perjanjian yang mengikat oleh dan dengan PT. Anantara Digital Indonesia, maka peraturan dalam perjanjian yang berlaku.
    2. Dalam S&K ini, semua rujukan kepada badan usaha atau individu, adalah juga sebagai merujuk kepada agen yang sah, penerima hak pengalihan, penerus, ataupun kuasa/wakil dari badan hukum atau individu tersebut selama dianggap wajar. Ungkapan bermakna tunggal diartikan sebagai ungkapan bermakna jamak dan sebaliknya.
    3. Tidak ada Hukum (atau interpretasinya) yang menyatakan ambiguitas dalam suatu dokumen diartikan untuk melawan pihak yang mempersiapkan dokumen terkait S&K ini.
    4. Setiap rujukan Hukum, peraturan, undang-undang atau penetapan adalah merujuk pada amandemen dan perubahan peraturan terkait, atau peraturan yang berada di bawah Hukum, peraturan, atau penetapan tersebut.
    5. Judul yang digunakan untuk S&K ini hanya untuk penjelasan dan referensi saja, dan tidak mempengaruhi penafsiran, atau menjadi bahan pertimbangan, dalam interpretasi S&K ini.
  3. JASA YANG DIBERIKAN
    1. S&K ini merupakan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan dimana Modal Antara ("PT. Anantara Digital Indonesia") akan memberikan jasa dengan pengoperasian website modalantara.id ("Website") yang akan memfasilitasi proses pemberian Pinjaman ("Jasa"). 
    2. Anda menyetujui bahwa PT. Anantara Digital Indonesia mempunyai pertimbangan tunggal dan absolut untuk menentukan apakah Anda dapat masuk dalam daftar calon Pemodal atau Peminjam. Dalam hal tersebut Anda tidak masuk dapat masuk dalam daftar calon Pemodal atau Peminjam, PT. Anantara Digital Indonesia tidak berhak untuk menyediakan Jasa ataupun memunculkan kewajiban tambahan apapun kepada Anda sebagai Peminjam atau Pemodal.
    3. Ketentuan Penyediaan Jasa dari PT. Anantara Digital Indonesia akan tunduk pada Hukum dan S&K ini, dan PT. Anantara Digital Indonesia tidak bertanggung jawab atas tindakan yang diambil oleh pihak manapun dalam rangka mematuhi Hukum dan S&K ini kecuali memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari PT. Anantara Digital Indonesia.
    4. Kecuali diatur lain, Jasa yang disediakan oleh PT. Anantara Digital Indonesia dapat termasuk memfasilitasi Pinjaman, atau jenis jasa lain yang PT. Anantara Digital Indonesia akan perkenalkan dari waktu ke waktu.
  4. PENGAKUAN
    1. Anda memahami, mengakui, dan setuju bahwa PT. Anantara Digital Indonesia tidak dan tidak akan pernah:
      1. menyelenggarakan simpanan dalam bentuk apapun seperti giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu; 
      2. menjalankan Pemodalan modal;
      3. memihak salah satu pihak, baik Peminjam maupun Pemodal dalam perjanjian pinjaman; 
      4. menjalankan kegiatan perbankan, pasar modal, jasa keuangan non-bank, dan kegiatan lainnya sebagaimana diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan ("OJK") dan Bank Indonesia ("BI"); 
      5. menyediakan jasa peringkat kredit atau bentuk kegiatan lainnya yang dipersamakan dengan itu sebagaimana diatur oleh OJK dan BI; atau 
      6. menyediakan jasa penyimpanan/ penitipan.
    2. Anda memahami, mengakui, dan setuju bahwa peran PT. Anantara Digital Indonesia hanya bersifat administratif dan sebagai fasilitator yang mengatur Peminjam dan Pemodal untuk mengikatkan diri dalam fasilitas Pinjaman.
  5. PERLINDUNGAN DATA PRIBADI
    1. Dengan ini, Anda menyetujui bahwa PT. Anantara Digital Indonesia dapat mengumpulkan, menyimpan, memproses, membuka informasi, mengakses, mengkaji, dan/atau menggunakan data pribadi (termasuk informasi pribadi yang sensitif) tentang Anda, baik yang didapatkan melalui Anda ataupun melalui sumber lain yang sesuai dengan Hukum yang berlaku ("Data Pribadi").
    2. PT. Anantara Digital Indonesia menyetujui untuk merahasiakan semua Data Pribadi dan tidak menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan apa pun selain untuk pemberian fasilitas Pinjaman, namun dengan ketentuan bahwa hal-hal di atas tidak berlaku untuk Data Pribadi yang: (i) suatu pihak dapat memperlihatkan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi tersebut sebelum pengungkapannya oleh pihak tersebut; (ii) Data Pribadi tersebut umumnya diketahui publik dan waktu itu belum diketahui melalui setiap pelanggaran Hukum yang berlaku; (iii) Data Pribadi tersebut diketahui publik tanpa melalui adanya kesalahan pihak tersebut; (iv) Data Pribadi tersebut selanjutnya diperoleh secara sah oleh pihak tersebut tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain; (v) Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan atau menurut Hukum yang berlaku; atau (vi) Data Pribadi tersebut diungkapkan dalam proses litigasi apa pun. 
    3. Jika PT. Anantara Digital Indonesia disyaratkan oleh Hukum untuk mengungkapkan Data Pribadi, maka PT. Anantara Digital Indonesia akan memberitahukan kepada pemilik Data Pribadi bahwa tindakan pengungkapan tersebut wajib dilakukannya dan pemilik Data Pribadi melepaskan PT. Anantara Digital Indonesia dari segala tuntutan yang timbul di kemudian hari.
  6. UJI KELAYAKAN CALON PEMINJAM
    1. Ketika menerima aplikasi Jasa, penilai kredit dari PT. Anantara Digital Indonesia akan mengadakan uji kelayakan calon Peminjam. Selama proses berlangsung, PT. Anantara Digital Indonesia akan menghubungi lembaga, perusahaan, atau individu terkait untuk mencari informasi, melakukan verifikasi, dan konfirmasi informasi terkait Peminjam, termasuk (namun tidak terbatas pada) catatan historis hukum dan kredit. Peminjam wajib memberikan izin dan kuasa kepada PT. Anantara Digital Indonesia untuk melakukan hal-hal tersebut.
    2. Kecuali PT. Anantara Digital Indonesia diwajibkan oleh hukum, atau telah menerima izin tertulis sebelumnya dari Peminjam, PT. Anantara Digital Indonesia tidak akan memberikan informasi atau membuka dokumen yang diberikan oleh Peminjam kepada pihak ketiga.
    3. Setelah hasil yang memadai dari uji kelayakan oleh PT. Anantara Digital Indonesia, PT. Anantara Digital Indonesia akan menginformasikan Peminjam mengenai syarat dan ketentuan Jasa melalui Email dan apakah Peminjam dapat masuk dalam daftar calon Peminjam dalam Website.
  7. PERMINTAAN PINJAMAN DARI PEMINJAM
    1. Setelah Peminjam setuju pada syarat dan ketentuan dari Jasa, Peminjam harus men-mengajukan aplikasi pengajuan pinjaman, yang akan menunjukkan Jumlah yang Dibutuhkan ("Permintaan Pinjaman").
    2. Permintaan Pinjaman tidak mengatur perjanjian untuk menambah jumlah Pinjaman kepada Peminjam melalui siapapun. Permintaan tersebut hanya merupakan permintaan komitmen dana untuk dipinjam. Untuk menghindari keragu-raguan, Permintaan Pinjaman bukanlah penawaran; Permintaan Pinjaman tersebut mengatur undangan atas tindakan.
    3. Jumlah maksimal fasilitas Pinjaman yang dapat diberikan kepada Peminjam adalah sejumlah yang tertera di Permintaan Pinjaman.
    4. Setelah pengajuan Permintaan Pinjaman oleh Peminjam, Peminjam setuju untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dan dokumen lain yang terkait fasilitas Pinjaman (jika ada) dalam jangka waktu yang ditentukan oleh PT. Anantara Digital Indonesia. Peminjam dengan ini setuju bahwa kegagalan dalam mengikatkan diri dalam perjanjian atau dokumen lain terkait dalam jangka waktu tersebut berakibat pada Peminjam wajib membayar denda per hari kepada PT. Anantara Digital Indonesia sejumlah 0.1% dari jumlah Permintaan Pinjaman.
  8. PEMBAYARAN OLEH PEMINJAM
    1. Pembayaran kembali Pinjaman, dengan margin keuntungan, harus dilakukan secara langsung di akhir masa Pinjaman. Ketika Peminjam mengalami gagal bayar, PT. Anantara Digital Indonesia akan memberikan peringatan tidak dilakukan pembayaran kepada Peminjam dalam jangka waktu 7 (tujuh) Hari Kerja sejak tanggal gagal bayar. Apabila Peminjam gagal membayar membayar kembali Pinjaman dan margin keuntungan dalam jangka waktu 7 (tujuh) Hari Kerja sejak peringatan tersebut, Peminjam akan dinyatakan wanprestasi. Apabila terjadi wanprestasi, PT. Anantara Digital Indonesia akan melakukan restrukturisasi skema pembayaran kembali Pinjaman Peminjam dan dapat melakukan tindakan hukum dalam proses penyelesaian.
    2. Peminjam memahami, dan setuju untuk mematuhi untuk membayar setiap pengaturan fasilitas Pinjaman, biaya lain-lain kepada PT. Anantara Digital Indonesia dan/atau pihak terkait lainnya dalam melakukan pengaturan dan administratif fasilitas Pinjaman dan Perjanjian terkait. Sebagai tambahan, Peminjam sepakat untuk membayar semua denda, biaya keterlambatan pembayaran, biaya penagihan, dan biaya lain kepada PT. Anantara Digital Indonesia sebagai hasil dari kegiatan yang dilakukan oleh PT. Anantara Digital Indonesia atas bagian dari Jasa. 
  9. PEMBAHARUAN DATA

    PT. Anantara Digital Indonesia dapat sewaktu-waktu melakukan modifikasi data Peminjam ("Modifikasi") yang terdapat dalam database Website. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, perbaharuan informasi Peminjam, Data Pribadi, dan mengunggah dokumen tambahan yang berkaitan dengan data Peminjam. Peminjam akan diberikan pemberitahuan selama 14 (empat belas) hari kalendar ("Periode Pemberitahuan") untuk menerima atau menolak Modifikasi. Peminjam dianggap mengetahui Modifikasi yang dilakukan, apabila tidak ada respon yang diberikan kepada PT. Anantara Digital Indonesia selama Periode Pemberitahuan. 

  10. PENGUMPULAN DATA
    1. Dari waktu ke waktu, PT. Anantara Digital Indonesia dapat mengumpulkan informasi dan data tentang Anda, termasuk informasi dan Data Pribadi Anda yang diperoleh dari:
      1. Anda atau diberikan oleh siapapun yang diizinkan oleh Anda dalam rangka kunjungan Anda ke Situs Web kami;
      2. setiap kunjungan Anda ke Situs Web kami;
      3. percakapan telepon Anda dengan Kami;
      4. sumber-sumber yang tersedia secara umum yang dapat diperoleh oleh Kami tanpa melalui persetujuan dan pengetahuan Anda;
      5. penggunaan sistem komputer oleh Anda, yaitu informasi mengenai alamat IP, sistem operasi dan browser yang Anda gunakan; dan/atau;
      6. penggunaan "cookies" saat browser Anda mengakses dan Anda masuk (log-in) pada Situs Web kami. Jika aktifkan (enabled), cookies akan menyimpan sejumlah kecil data pada komputer Anda tentang kunjungan Anda ke beberapa halaman Situs Web ini.
    2. Melalui Anda, PT. Anantara Digital Indonesia juga dapat mengumpulkan informasi dan data tentang para anggota keluarga, teman, penerima manfaat, pengacara, pemegang saham, pemilik manfaat, kuasa, orang-orang di bawah perwaliamanatan, wali amanat, penjamin Anda, penyedia jaminan lainnya dan individu-individu lain (secara kolektif semua yang tersebut di atas yang adalah orang perseorangan, "Individu Yang Relevan").
    3. Kami dapat menggabungkan Data Pribadi yang Kami peroleh dari masing-masing cara yang diatur berdasarkan ketentuan pada poin 1 di atas.
    4. Kami dapat memberikan Data Pribadi Anda dan Individu Yang Relevan kepada pihak ketiga untuk keperluan Situs Web dan Layanan Kami, termasuk kepada Pemodal atau Peminjam untuk keperluan terlaksananya Perjanjian, yang selanjutnya diatur dalam Pasal III Kebijakan Privasi ini.
    5. Dalam mengumpulkan Data Pribadi, kami tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik beserta peraturan turunannya.
    6. Kami tidak memperdagangkan dan menjual Data Pribadi Anda yang Kami dapatkan melalui Situs Web dan Layanan Kami, kecuali untuk keperluan Situs Web dan Layanan dan sesuai dengan ketentuan Perjanjian.
    7. Anda dengan ini setuju bahwa kegagalan Anda untuk memberikan Data Pribadi yang benar dan akurat akan membuat Anda dapat bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul, termasuk kerugian dari Kami dan pihak ketiga lainnya. Selain itu, atas kelalaian tersebut Kami berwenang untuk memutuskan mengenai keberlangsungan Akun dan akses Anda ke Situs Web dan/atau Layanan Kami.
  11. PENGGUNAAN DATA PRIBADI
    1. Anda dengan ini memberikan persetujuan bahwa Data Pribadi Anda dan Individu Yang Relevan akan digunakan dan/atau diolah dalam rangka:
      1. memberikan akses kepada Anda dan memfasilitasi penggunaan Situs Web kami dan memastikan bahwa Konten, Layanan, ditampilkan dengan cara yang paling efektif untuk Anda;
      2. untuk memproses transaksi pinjaman dalam konteks Perjanjian dan memutakhirkan Akun Anda yang Kami simpan;
      3. melaksanakan kewajiban Kami yang timbul dari setiap perikatan yang diadakan antara Anda dan kami;
      4. untuk keperluan bisnis Kami secara umum termasuk namun tidak terbatas untuk verifikasi identitas Anda dan reputasi kredit Anda dan keperluan administratif Situs Web dan Layanan Kami;
      5. memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam Layanan dan fitur interaktif lainnya dari Situs Web dan Layanan, jika Anda memilih untuk melakukannya;
      6. menerapkan dan meninjau langkah-langkah pengamanan dan perlindungan pada Situs Web Kami sehingga menjaga Situs Web Kami tetap aman dan terjamin;
      7. untuk membuat keputusan pinjaman dalam rangka Perjanjian;
      8. melakukan penilaian risiko, analisis dan perencanaan statistik dan tren, termasuk melaksanakan pengolahan data, analisis statistik, risiko dan anti pencucian uang, membuat dan mengelola Pendanaan, melakukan pemeriksaan dan peninjauan Pendanaan dan latar belakang lain, dan menyimpan sejarah kredit Anda dan kuasa Anda yang sah untuk referensi saat ini dan di masa mendatang;
      9. untuk mencegah dan mendeteksi penipuan, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan teknologi deteksi suara untuk menganalisa rekaman percakapan telepon Anda dengan kami;
      10. untuk menghubungi Anda terkait dengan permintaan Anda;
      11. untuk mengidentifikasi Anda ketika Anda menghubungi Kami atau mengunjungi Situs Web Kami;
      12. untuk memberikan rekomendasi kepada pihak-pihak terkait dalam rangka Situs Web dan pelaksanaan Layanan Kami;
      13. untuk membuat analisa statistik dan mengembangkan juga meningkatkan produk Kami untuk memperkirakan resiko pinjaman;
      14. mengelola Situs Web dan Layanan Kami dan untuk pengoperasian internal, termasuk pemecahan masalah (troubleshooting), analisis data, pengujian, penelitian, tujuan statistik dan survei;
      15. membuat keputusan yang berkaitan dengan pembukaan atau kelanjutan Akun Anda dan pembuatan, penyediaan atau kelanjutan dari Layanan dan Situs Web dan juga untuk menjaga akurasi Data Pribadi;
      16. untuk melakukan pemeriksaan anti pencucian uang;
      17. menyediakan informasi dan Data Pribadi yang relevan tentang Anda dan Individu Yang Relevan tersebut kepada lembaga-lembaga referensi kredit untuk tujuan memperbarui catatan kredit Anda dalam basis data kredit pelanggan dari lembaga-lembaga tersebut;
      18. menilai atau memahami efektivitas iklan kami dan iklan pihak ketiga pada Situs Web Kami dan pada website pihak ketiga lain, dan untuk menyampaikan iklan yang relevan kepada Anda;
      19. memberitahu Anda tentang perubahan-perubahan di Situs Web, Konten dan Layanan;
      20. memenuhi persyaratan-persyaratan hukum, regulasi dan kepatuhan yang berlaku pada PT. Anantara Digital Indonesia berdasarkan undang-undang yang berlaku dan mematuhi setiap Perjanjian yang berlaku pada PT. Anantara Digital Indonesia;
      21. memeriksa identitas dan/atau kewenangan dari para kuasa Anda yang menghubungi Kami atau dapat dihubungi oleh Kami dan untuk melaksanakan atau menanggapi permintaan, pertanyaan atau instruksi dari para kuasa yang telah diperiksa atau para pihak lain sesuai dengan prosedur pengamanan Kami yang berlaku;
      22. untuk mengizinkan bank, badan keuangan atau pihak ketiga yang berwenang guna mengadakan pengecekan terbatas pada status Anda dalam database Kami atau Layanan Kami;
      23. mendeteksi, mencegah, melakukan penyidikan dan mendakwa kejahatan dan penipuan termasuk membantu dalam setiap penyidikan kejahatan oleh otoritas yang relevan terhadap Anda, Individu Yang Relevan atau orang lain;
      24. mengelola hubungan PT. Anantara Digital Indonesia dengan Anda, yang dapat termasuk menyediakan informasi kepada Anda atau Individu Yang Relevan, tentang Situs Web dan Layanan, apabila secara khusus disetujui atau apabila diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
      25. untuk memasarkan produk atau layanan atau yang terkait dengan Perjanjian Kredit melalui berbagai metode komunikasi termasuk surat, telepon, SMS, fax, email, internet, riset pasar, dan merancang atau menyaring produk atau layanan yang serupa termasuk dengan melakukan riset pasar, analisis data, dan survei; dan
      26. melakukan menajemen internal untuk mengoperasikan sistem informasi kontrol dan manajemen dan melaksanakan audit internal atau mengizinkan pelaksanaan audit eksternal.
    2. Kami tetap dapat menggunakan Data Pribadi untuk tujuan lain yang berkaitan dengan hal-hal apapun di atas sebagaimana ditetapkan dalam poin 1, sesuai dengan kewajaran dan kebiasaan yang berlaku secara umum.
    3. Kami menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan Data Priadi Anda kepada pihak lain selain yang ditentukan dalam Perjanjian, tanpa terdapat izin dari Anda, kecuali apabila Kami secara keseluruhan atau sebagian assetnya diakuisisi atau merger dengan pihak ketiga, maka Data Pribadi yang dimiliki oleh PT. Anantara Digital Indonesia akan menjadi salah satu aset yang dialihkan atau digabung.
    4. Kami dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda dan Pihak Yang Relevan kepada grup Kami, termasuk namun tidak terbatas kepada pemegang saham dari PT. Anantara Digital Indonesia, anak perusahaan PT. Anantara Digital Indonesia dan/atau cucu perusahaan dari PT. Anantara Digital Indonesia.
  12. TEMPAT PENYIMPANAN DATA PRIBADI
    1. Semua Data Pribadi Anda berikan dan/atau yang Kami terima sesuai dengan Kebijakan Privasi disimpan dengan aman di negara Indonesia berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh Kami.
    2. Apabila diperlukan, Kami dapat menyimpan Data Pribadi Anda di Negara selain Indonesia dalam rangka untuk efisiensi dan/atau pertimbangan komersial dari PT. Anantara Digital Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    3. Pengiriman informasi, termasuk Data Pribadi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Meskipun kami telah melakukan hal yang terbaik untuk melindungi Data Pribadi Anda, kami tidak dapat menjamin keamanan data Anda yang dikirim melalui Situs Web kami, pengiriman apapun adalah tanggung jawab Anda. Begitu kami menerima Data Pribadi Anda.
  13. DATA PRIBADI YANG TIDAK DIBUTUHKAN LAGI

    Kami akan menghilangkan dan/atau apabila diperlukan mengembalikan Data Pribadi Anda dan atau Individu Yang Relevan yang kegunaannya tidak lagi dibutuhkan dalam rangka Situs Web dan Layanan Kami.

  14. KERAHASIAAN KATA SANDI

    Kata sandi atau password, termasuk kata sandi Akun merupakan tanggung jawab Anda masing-masing. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dapat ditimbulkan akibat kelalaian pengguna dalam menjaga kerahasiaan kata sandi atau passwordnya.

  15. INFORMASI YANG AKURAT

    Anda harus memberikan kepada Kami informasi Data Pribadi yang akurat dan tidak menyesatkan dan Anda harus selalu segera memperbarui dan memberitahukan Kami bila ada perubahan terhadap Data Pribadi tersebut dari waktu ke waktu. Anda harus melepaskan Kami dari tanggung jawab yang timbul akibat dari kelalaian Anda untuk memastikan akurasi dari Data Pribadi.

  16. TAUTAN TERHADAP SITUS WEB LAINNYA

    Jika Anda mengikuti salah satu tautan web yang terdapat pada Situs Web ini, harap dicatat bahwa situs web (pada link tersebut) memiliki kebijakan privasi tersendiri dan kami tidak menerima pertanggungjawaban apapun atas ketentuan-ketentuan, termasuk jaminan dalam kebijakan privasi pada situs web tersebut.

  17. PERSYARATAN UMUR

    Untuk dapat menggunakan Layanan dan Situs Web Kami, Anda harus lebih dari 21 tahun. Apabila Anda berada berada di bawah 21 tahun, Anda dapat menggunakan Situs Web dan Layanan Kami hanya dengan keterlibatan orang tua atau wali. Jika seseorang di bawah umur telah memberikan Data Pribadi kepada Kami tanpa persetujuan orang tua atau wali, orang tua atau wali tersebut harus menghubungi Kami untuk menghapus Data Pribadi terkait.

  18. COOKIES
    1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat komputer Anda, untuk mengidentifikasi dan memantau koneksi jaringan Anda sehingga memungkinkan Anda untuk mengakses Situs Web dan Layanan secara optimal. Cookies akan membantu kami untuk menelusuri fitur kami yang paling menarik untuk Anda dan konten apa yang pernah Anda kunjungi di waktu lalu. Saat Anda mengunjungi Situs Web ini lagi, cookies akan memudahkan kami untuk menyesuaikan konten sesuai dengan kebutuhan Anda. Cookies ini tidak melacak informasi pengguna secara individual, dan semua data cookie kami telah dienkripsi dan tidak dapat dibaca oleh situs web lain.
    2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses Data Pribadi lain yang Anda miliki di perangkat komputer Anda, selain dari yang telah Anda setujui untuk disampaikan.
    3. Walaupun secara otomatis perangkat komputer Anda akan menerima cookies, Anda dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan/setting browser Anda yaitu dengan memilih untuk menolak cookies.
  19. AKSES MEDIA SOSIAL
    1. Dalam rangka Situs Web dan Layanan, Kami dapat meminta Anda untuk memberikan kami izin mengakses ke akun media sosial termasuk namun tidak terbatas pada Twitter, Facebook, Instagram, Google+ dan/atau Linkedin.
    2. Anda tidak diwajibkan untuk memberikan akses ke akun media sosial milik Anda. Namun terkait dengan Layanan, Anda perlu memahami bahwa akses ke akun media sosial Anda akan meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan pinjaman lebih murah dengan kami.
    3. Dalam hal Anda memberikan Kami akses ke data akun media sosial Anda, Anda setuju bahwa Kami hanya menggunakan data tersebut untuk keperluan Perjanjian.
  20. KEAMANAN DATA PRIBADI

    Setiap Data Pribadi yang disampaikan kepada Kami dan/atau yang dikumpulkan oleh Kami atau yang Kami terima dengan cara sesuai dengan ketentuan Kebijakan Privasi ini akan dilindungi dengan upaya sebaik mungkin oleh perangkat keamanan teruji, yang digunakan oleh Kami secara elektronik. Meskipun demikian, Kami tidak menjamin kerahasiaan informasi yang Anda sampaikan tersebut, dalam keadaan dimana terdapat pihak-pihak lain yang mengambil atau mempergunakan Kami dengan melawan hukum serta tanpa izin Kami. Kami akan berupaya sebaik mungkin untuk membatasi akses ke dalam Data Pribadi oleh pihak yang tidak berwenang.

  21. KEWAJIBAN PEMBUKAAN DATA PRIBADI

    Kami dapat diwajibkan oleh hukum yang berlaku untuk membuka Data Pribadi dan informasi terkait Anda lainnya kepada pihak ketiga yang memiliki kewenangan seperti pemerintah, hanya jika ada perintah dan/atau putusan yang sah dari pengadilan.

  22. PENOLAKAN UNTUK TUJUAN PEMASARAN

    Anda memiliki hak untuk meminta kami agar tidak mengolah Data Pribadi Anda untuk tujuan pemasaran. Kami akan memberitahu Anda dan meminta persetujuan dari Anda sebelum Kami menggunakan Data Pribadi Anda untuk tujuan tersebut atau jika kami bermaksud mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga manapun untuk tujuan tersebut. Anda dapat menggunakan hak Anda untuk menolak pengolahan tersebut dengan cara memberikan tanda pada formulir yang terkait yang kami gunakan untuk mengumpulkan data Anda. Bahkan setelah Anda memberikan persetujuan Anda atas Data Pribadi yang akan digunakan untuk tujuan pemasaran, Anda dapat, setiap saat setelah itu, menarik persetujuan Anda dengan menghubungi kami di sini.

  23. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI DARI WAKTU KE WAKTU

    Kebijakan Privasi ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. PT. Anantara Digital Indonesia menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Situs Web dan Layanan PT. Anantara Digital Indonesia, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi ini.

  24. KESELURUHAN PERJANJIAN

    Ketentuan Penggunaan, Kebijakan Privasi dan Perjanjian Kredit merupakan keseluruhan perjanjian antara Anda dan Kami dan menggantikan setiap dan semua perjanjian sebelumnya dan kontemporer antara Anda. Setiap pengesampingan Ketentuan Penggunaan akan efektif jika secara tertulis dan ditandatangani oleh penandatangan resmi oleh Kami.

    Anda mengakui bahwa, dalam memasuki Perjanjian ini, baik Anda maupun kami tidak mengandalkan representasi apapun, melakukan atau janji yang diberikan oleh yang lain atau tersirat dari kata-kata apapun atau tertulis antara Anda dan kami sebelum Perjanjian, kecuali secara tegas dinyatakan dalam Perjanjian.

  25. PERTENTANGAN

    Apabila terdapat pertentangan antara Ketentuan Penggunaan ini dengan Kebijakan Privasi, Perjanjian Kredit ataupun perikatan-perikatan yang timbul terkait dengan Situs Web dan Layanan antara Anda dengan Kami, maka urutan keberlakuan dari Perjanjian adalah sebagai berikut:

    1. Ketentuan Penggunaan;
    2. Kebijakan Privasi;
    3. Perjanjian Pinjaman;
    4. Perikatan-perikatan lainnya antara Kami dengan Anda, apabila ada.

    Batal demi hukumnya salah satu perjanjian tersebut di atas tidak menyebabkan menjadi batalnya perjanjian lainnya.

  26. REPRESENTASI DAN JAMINAN

    Peminjam mewakili dan menjamin kepada PT. Anantara Digital Indonesia bahwa Peminjam:

    1. Perusahaan yang didirikan berdasarkan Hukum Indonesia;
    2. Mampu membayar hutang dan tidak ada alasan yang menyatakan bahwa Peminjam tidak mampu membayar hutangnya ketika jatuh tempo dan harus dibayar; 
    3. Memiliki kapasitas hukum dan telah memperoleh perizinan dan/atau persetujuan yang diperlukan berdasarkan Hukum atau perjanjian lain yang mana Peminjam terikat untuk mengikatkan diri dalam S&K dan melaksanakan kewajiban yang tertera di S&K dan perjanjian lainnya terkait. Selanjutnya, Peminjam harus sudah mengambil langkah yang diperlukan untuk mengikatkan dirinya dalam Perjanjian dan melakukan kewajiban yang terdapat dalam S&K dan perjanjian lainnya terkait;
    4. Kewajiban yang diasumsikan mengikat kepada Peminjam dalam S&K dan perjanjian lainnya terkait juga dianggap legal, sah, mengikat, dan dapat ditegakkan kepada Peminjam; 
    5. Semua informasi yang diberikan Peminjam kepada PT. Anantara Digital Indonesia adalah benar dan akurat secara materi dan sesuai dengan tanggal dokumen diberikan atau tanggal yang tertera pada dokumen; dan 
    6. Tidak ada tindakan hukum, gugatan, atau proses hukum, atau di depan pengadilan, sidang, badan pemerintahan, agensi atau badan resmi atau arbitrator (baik dalam proses atau akan diajukan) yang dapat berdampak pada legalitas, keabsahan, atau penegakan S&K ini atau perjanjian lainnya yang terkait, atau mempengaruhi kemampuan Peminjam untuk menjalankan kewajiban. 
  27. KUASA
    1. Peminjam memberikan kuasa kepada PT. Anantara Digital Indonesia untuk:
      • Melaksanakan pengecekan Pendanaan kepada Peminjam;
      • Mendapatkan dan melakukan verifikasi informasi mengenai Peminjam, sesuai dengan pertimbangan dari PT. Anantara Digital Indonesia jika dianggap perlu;
      • Menggunakan semua sumber relevan, yang dapat digunakan oleh PT. Anantara Digital Indonesia, untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh PT. Anantara Digital Indonesia terkait dengan fasilitas Pendanaan yang diberikan; dan
      • Mengungkapkan informasi dan/atau data terkait Peminjam dan rekening-rekeningnya kepada PT. Anantara Digital Indonesia, atau informasi lainnya yang dipandang penting oleh PT. Anantara Digital Indonesia.
    2. Pemodal memberikan kuasa kepada PT. Anantara Digital Indonesia untuk:
      • Meneruskan kembali dana yang ditempatkan ke rekening PT. Anantara Digital Indonesia kepada Peminjam yang membutuhkan Pendanaan; dan
      • Mendapatkan dan melakukan verifikasi informasi mengenai Pemodal, sesuai dengan pertimbangan dari PT. Anantara Digital Indonesia jika dianggap perlu.
  28. GANTI RUGI

    Peminjam setuju untuk mengganti rugi PT. Anantara Digital Indonesia dan Pegawainya terhadap atas semua kerugian, pajak, biaya, biaya hukum, dan kewajiban (saat ini, di masa yang akan datang, kontingensi, atau apapun yang berbasis ganti rugi), yang diderita oleh PT. Anantara Digital Indonesia sebagai hasil atau hubungan dari pelanggaran S&K atau perjanjian lainnya terkait yang dilakukan oleh Peminjam dan/atau tindakan yang dilakukan oleh PT. Anantara Digital Indonesia ketika terjadinya pelanggaran S&K oleh Peminjam atau perjanjian lainnya yang terkait. 

  29. PENGECUALIAN DAN BATASAN KEWAJIBAN

    PT. Anantara Digital Indonesia ataupun Pegawainya tidak bertanggung jawab secara kontraktual dan ketika terjadi pelanggaran Perjanjian, (termasuk kelalaian atau pelanggaran kewajiban), untuk (i) terjadinya kehilangan keuntungan, bisnis atau pendapatan, (ii) setiap biaya atau beban, atau secara tidak langsung, atau langsung, diderita atau disebabkan oleh Peminjam sebagai hasil atau dalam hubungan dengan kententuan penyediaan Jasa.

  30. ESENSI

    Adalah esensial dalam kewajiban dalam Perjanjian ini bagi Para pihak bahwa Peminjam akan melaksanakan kewajibannya tepat waktu.

  31. HUKUM DAN PERATURAN YANG BERLAKU
    1. S&K ini akan diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan hukum Republik Indonesia;
    2. Dalam rangka mematuhi gugatan atau tindakan hukum atau prosedur (tiap-tiapnya akan disebut sebagai "Prosedur") yang terkait perselisihan yang timbul akibat atau dalam kaitannya dengan S&K ini, setiap pihak akan tunduk pada jurisdiksi Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).
  32. HUBUNGI KAMI

    Apabila Anda meyakini bahwa Data Pribadi anda telah dilanggar oleh Kami, atau Anda ini melakukan komunikasi dengan Kami terkait dengan Data Pribadi, anda dapat menghubungi Kami di legal@modalantara.id.